Briket Arang Kayu Kelapa (Mixed Charcoal Briquette), Briket Arang yang Bernilai Ekonomis Tinggi

Briket arang sekarang ini sudah mulai dikenal di kalangan masyarakat, karena briket arang merupakan salah satu inovasi sumber energi alternatif yang bisa dengan gampang kita peroleh dan kita buat. Nah sekarang apa yang dimaksud dengan energi alternatif? Jadi, energi alternatif itu adalah semua sumber energi yang digunakan untuk bisa menggantikan sumber energi konvensional tanpa akibat yang gak diharapkan dari hal itu, gimana? udah paham belum? Kalau belum lanjutin bacanya ya.

Energi alternatif ini sekarang udah mulai jadi tren baru di kalangan masyarakat, ya karena emang manusia itu cenderung menghabiskan banyak energi konvensional sampai saat ini, karena gimana pun juga energi konvensional seperti minyak bumi atau BBM itu energi yang gak bisa diperbaharui, suatu saat nanti pasti bakal habis. Makanya disini itu perlu membuat suatu inovasi baru untuk bisa menggantikan bahan bakar konvensional yang gak bisa diperbaharui, menjadi ke bahan bakar alternatif yang tentunya punya manfaat yang lebih banyak.

Nah selain briket arang yang diproduksi dengan bahan-bahan seperti tempurung kelapa, serbuk gergaji kayu, ampas tebu, dan lain sebagainya, sekarang ini ada semakin banyak permintaan terhadap briket kayu kelapa (Mixed Charcoal Briquette), atau bisa dibilang sih briket campuran. Briket campuran ini pada prinsipnya itu untuk bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari salah satu bahan baku briket, yaitu arang tempurung kelapa, tapi juga tetap bisa dapat cost-efficiency dari bahan baku arang kayu. Karena ya emang gak dipungkiri lagi, harga yang dipatok untuk membeli arang tempurung kelapa itu lebih mahal ketimbang briket arang kayu. Perbedaan harganya sendiri juga lumayan banyak loh, sampai 40%. Makanya, sekarang ini banyak pengguna briket, khususnya rumah tangga, yang butuh alternatif briket untuk bisa mendapatkan sisi efisiensi, dan juga produktivitas yang tinggi. Maka dari itu, dibuatlah Briket Kayu Kelapa ini.

Mixed Charcoal Briquette (Briket Kayu Kelapa)

briket arang kayu kelapa

Sumber: briquettesemarang.blogspot.com

Briket arang kayu kelapa ini punya keunikannya sendiri loh, yaitu terletak pada bahan baku yang digunakan, kalau biasanya briket arang itu terbuat dari satu bahan baku aja, kalau yang ini dua bahan baku dicampur jadi satu. Proses pembuatannya pun juga bisa dibilang cukup sederhana.

Briket arang kayu kelapa ini juga termasuk salah satu non-toxic material, maksudnya itu produk briket ini gak beracun dan aman untuk kita gunakan sehari-hari untuk keperluan memasak atau yang lainnya. Beda sama briket batu bara yang tergolong punya kandungan sulfur yang tinggi jadi bisa mengakibatkan penyakit kalau sering kita gunakan secara langsung.

Ya seperti yang sudah kita tau, briket arang itu sendiri tujuannya sebagai bahan bakar alternatif. Tapi khusus untuk briket kayu kelapa ini, lebih banyak dan sering digunakan pada industri skala kecil atau rumah tangga. Kenapa bisa banyak peminatnya? Karena keunggulan dari briket kayu kelapa ini terletak dari efisiensi harganya. Kita bisa dapat harga yang jauh lebih ekonomis, tapi juga punya produktivitas yang masih dibilang tinggi. Nah segi ekonomis ini yang selalu jadi pertimbangan utama kalau konsumen mau belu briket kayu kelapa ini. Tapi kalau kita lihat dari bentuknya sih mungkin agak beda dari briket arang biasanya, briket kayu kelapa ini bentuknya itu cukup besar seperti briket kayu, ya kemungkinan sih karena sering digunakan untuk skala industri, jadi gak perlu bentuk yang bagus seperti kubus atau silinder briket tempurung arang kelapa.

Kalau dari pembuatannya sendiri sih kurang lebih sama dengan pembuatan briket arang pada umumnya, cuma yang bikin beda itu pada komposisi persentase jumlah bahan baku kayu dan juga tempurung arang kelapa yang kita gunakan dalam proses produksinya. Umumnya itu volume persentasi arang kayu yang digunakan itu lebih banyak dari arang tempurung kelapa, biasa sih 70:30, 70% arang kayu dan 30% arang tempurung kelapa. Untuk bisa memadatkannya kita pakai tepung tapioka seperti biasa. Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa baca bagaimana Cara Membuat Briket Arang dengan Mudah. Peralatan yang digunakan pun sekarang bisa kita dapatkan dengan mudah dipasaran seperti mesin pencetak briket, mesin penepung arang, dan lain sebagainya.

Kegunaan Mixed Charcoal Briquette (Briket Kayu Kelapa)

Ya seperti yang sudah saya bilang tadi, briket kayu kelapa ini bisa digunakan untuk industri skala kecil atau rumah tangga yang memang membutuhkan efisiensi dari sisi harga. Beberapa kegunaan briket kayu kelapa ini antara lain untuk bahan bakar tungku/boiler, bahan bakar kompor briket rumah tangga, dan juga digunakan untuk bahan bakar untuk memanggang makanan pada restoran skala kecil. Tapi kalau di beberapa produsen briket kayu kelapa ini biasanya menambahkan bahan kimia seperti Nitrate untuk bisa memicu percepatan nyala apinya.

Jadi, kurang lebih seperti itu penjelasan mengenai briket arang kayu kelapa dan juga pemanfaatannya yang bisa saya share. Karena kalau kita cermati, briket arang kayu kelapa ini sebetulnya punya banyak keunggulan kalau dibandingkan dengan briket arang lainnya, peminatnya pun juga banyak bermunculan dari domestik sampai ke mancanegara. Mayoritas permintaan di Indonesia sendiri sekarang ini emang masih lebih banyak untuk diekspor ke luar negeri, tapi ya gak menutup kemungkinan di masa depan keadaannya bisa berubah. Tapi yang jelas, dari sini teman-teman bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis yang punya prospek cerah, jadi bisa mendatangkan keuntungan yang banyak dari pembuatan briket arang kayu kelapa ini. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi teman-teman sekalian kalau mau bikin dan produksi briket arang kayu kelapa sendiri. Terima kasih.

Tinggalkan komentar